Minggu, 18 Maret 2018

Tips Cara Menyimpan Bitcoin Agar Aman Dari Kejahatan

Apa Risiko Memiliki Bitcoin?

Bitcoin ialah teknologi unik dan format uang baru, tetapi hal ini tidak berarti Bitcoin terlepas dari risiko. Perlu dikenang bahwa ada sejumlah aturan yang sama di Bitcoin laksana uang tradisional. Contohnya, tidak boleh menyimpan duit tunai kita di bawah bantal sebab mudah dicuri, atau tidak boleh mempercayakan duit Anda ke orang asing.

Bitcoin pun mempunyai risiko menarik lainnya: guna satu orang, Bitcoin ialah teknologi baru, dan walaupun terlihat paling aman dan solid, tidak jarang kali ada bisa jadi terjadinya kegagalan. Itu pun mengapa kita tidak pernah boleh memasukkan ‘semua telur kita di satu keranjang’ dan tidak boleh pernah melakukan pembelian Bitcoin dengan semua harta Anda.

Bitcoin memiliki sifat lebih volatil (nilai Bitcoin bisa naik dan turun dalam tempat atau waktu yang pendek) dibandingkan mata fulus lainnya, dan walaupun sekarang nilai Bitcoin lebih stabil,Bitcoin tentu akan mengalami tidak sedikit momen-momen volatil di masa yang bakal datang.
Tips Cara Menyimpan Bitcoin Agar Aman Dari Kejahatan

Ingat bahwa transaksi Bitcoin serupa seperti duit tunai dimana transaksi tidak dapat diurungkan - jadi andai Anda mengantarkan Bitcoin ke orang yang salah, atau isi kantong Bitcoin kita diretas dan seseorang menculik Bitcoin Anda, paling sulit dan bahkan tidak barangkali untuk mengambilnya kembali.

Bitcoin juga tidak dilindungi oleh entitas apapun, sehingga bila Anda kehilangan Bitcoin Anda, maka penyedia layanan atau ‘jaringan Bitcoin’ tidak dapat mengganti kerugian Anda.Itulah kenapa Anda mesti memakai produk dan penyedia layanan yang terpercaya untuk menolong Anda, sama seperti saat Anda memilih bank untuk mengawal uang kita dengan aman.

Terakhir, nilai Bitcoin ditentukan oleh sebanyak orang atau bisnis yang menerima Bitcoin. Jika Bitcoin berkembang, urusan ini akan paling baik guna Bitcoin, namun andai semakin tidak banyak orang memakai Bitcoin, maka urusan ini bakal memberikan akibat negatif pada harga dan pemakaian Bitcoin tersebut sendiri.

Kesimpulannya, Bitcoin ialah suatu potensi besar yang sangat unik dalam mengolah dunia, tetapi pastikan Anda memahami risiko yang terdapat seiring dengan itu.

Mengenali penipuan akan meminimalisir risiko. 

Cara Menyimpan Bitcoin Agar Aman
Penipu tidak jarang kali mencari teknik menghindari penegakan hukum dan ketentuan yang ada. Mereka memanfaatkan adanya inovasi teknologi dan memungut keuntungan dari orang-orang yang masih belum sepenuhnya memahami tentang teknologi tertentu.

Oleh sebab itu, laksana halnya teknologi baru, terdapat risiko yang berhubungan dengan mata duit digital. Kami hendak Anda mengetahui risikonya dan meyakinkan bahwa Anda mengerjakan cara-cara untuk mengayomi diri dan duit Anda. Khususnya mata uang digital Bitcoin. Jika masih belum faham apa itu bitcoin bisa anda fahami di artikel sebelumnya mengenal apa itu Bitcoin.

Serangan phishing

Jika kita mempunyai mata duit digital, Anda bakal menjadi target unik untuk semua penjahat siber. Tapi melulu Anda sendiri yang bisa menentukan keamanan password Anda.

Phishing’ ialah serangan dimana kriminal menggunakan situs palsu yang ‘terlihat asli’ untuk memperdaya Anda sehingga Anda memasukkan rincian login termasuk password Anda. Mereka lalu memakai password Anda guna mengakses akun Anda.

Jenis serangan phishing

Phishing melewati situs. 
Penipu menciptakan situs palsu guna memancing kita memasukkan rincian log in Anda. Tetap waspada dan tidak boleh klik iklan Google palsu. Sebelum memasukkan rincian periksa alamat situs dengan hati-hati guna meyakinkan Anda sedang di URL yang benar.

Phishing melewati email. 
Penipu akan mengantarkan email yang terlihat asli dan terpercaya dalam upaya meyakinkan kita untuk menyerahkan rincian login Anda. Periksa email pengirim dan pastikan Anda ditunjukkan ke website URL yang pribumi dan benar.

Spearphishing. 
Penipu mengupayakan mendapatkan informasi tentang pribadi tertentu. Jika mereka tahu kita mempunyai mata duit digital, penipu dapat berpura-pura menjadi karyawan perusahaan mata duit digital itu lalu menghubungi Anda melewati telepon atau email.

Anda mungkin beranggapan Anda bakal dengan gampang mengenali jebakan ini dan menghindarinya. Tapi tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita 100% yakin terhadap masing-masing tautan yang pernah kita klik? Apakah kita berani mempertaruhkan seluruh Bitcoin atau Ethereum Anda?

Berikut ini langkah-langkah yang mesti Anda kerjakan untuk mengawal diri kita dengan aman.


  • Selalu pastikan alamat situs yang anda kunjungi ialah benar dan bukan situs palsu 
  • Gunakan otentikasi dua urusan di seluruh dompet Bitcoin dan alamat email Anda. 
  • Gunakan program password manager. 
  • Jika Anda memakai akun Gmail, kerjakan pemeriksaan keamanan.

Penipuan investasi

Karena teknologi mata duit digital masih relatif baru, hadir penipuan berkedok investasi yang berjuang mencuri duit Anda. Anda dapat mengenali sekian banyak  format penipuan berkedok investasi mata duit digital bila Anda telah terbiasa. 99% dari operasional cloud mining sering kali mencurigakan.

Penipuan cloud mining

99% dari operasional cloud mining tidak jarang kali mencurigakan. Penambang Bitcoin yang sah bakal memberi tahu kita bahwa margin deviden pada pertambangan sangatlah kecil. Tidak ada orang di luar sana yang menambang Bitcoin dan dapat menghasilkan 10%, 20%, 30% setiap bulan laksana yang dijanjikan penipuan jenis ini. Hindari urusan ini apapun yang terjadi.

Penipuan multi-level marketing

Jika perusahaan mempromosikan program referral mereka jauh lebih agresif daripada produk sebenarnya, bisa jadi besar perusahaan tersebut ialah scam. Biasanya, mereka menunaikan investor lama memakai deposit investor baru sampai pada kesudahannya mereka bakal menghilang dan kabur dengan duit Anda, dan melulu pada saat tersebut para korban menyadari bahwa mereka sebetulnya tidak tahu untuk siapa mereka mengirim duit mereka.

“Pengganda" Bitcoin, atau program investasi dengan untung besar (skema Ponzi)

Penipuan jenis ini meyakinkan kita bahwa mereka telah mengejar metode eksklusif atau rahasia guna menghasilkan deviden yang luar biasa. Baik tersebut perdagangan atas nama Anda, atau aspek-aspek teknis mata duit digital. Namun pada kenyataannya, mereka belum mengejar apa-apa - bahkan andai mereka telah mengerjakan rahasia besar yang menguntungkan, mereka tidak memerlukan investasi Anda, bukan? Orang-orang ini paling terampil menipu Anda. Berhati-hatilah.

Cara mengenali penipuan

Ketahui secara mendalam sebelum mengerjakan investasi pada apapun. Jika deviden yang dijanjikan tersiar terlalu estetis untuk menjadi kenyataan, bisa jadi besar tersebut hanyalah ilusi/penipuan. Cek pun Bad List di badbitcoin.org. Jika perusahaan investasi Anda terdapat di sini, dengan kata lain mereka ialah penipu.

Pasar fluktuatif

Meskipun urusan ini tidak berhubungan dengan kegiatan kriminal, urgen untuk diacuhkan bahwa Bitcoin dan mata duit digital lainnya mempunyai sifat sangat fluktuatif. Fluktuasi harga bisa saja berpotensi merugikan, sampai-sampai penting untuk Anda guna mempertaruhkan jumlah duit yang terlampau tinggi (lebih dari apa yang Anda dapat relakan). Baca tulisan blog kami tentang dollar cost averaging dan gejolak pasar guna informasi lebih lanjut.

Ingatlah bahwa sekitar pergerakan pasar yang fluktuatif, informasi yang keliru bisa menyebar di portal berita, dan perusahaan mata duit digital mungkin merasakan gangguan layanan sebab tingginya permintaan. Anda barangkali saja tidak tidak jarang kali dapat memasarkan mata duit digital kita kapanpun kita mau.