Rabu, 21 Maret 2018

Tips Agar Mendapatkan Profit dari Arbitrasi Antar Exchanger

Bitcoin di dalam perdagangannya memiliki sifat serupa perniagaan emas logam mulia fisik. Kenapa dilafalkan serupa dengan jual beli emas ? karena pada saat anda bertransaksi mengerjakan pembelian bitcoin dengan exchanger Bitcoin (misalnya Indodax.com) sebenarnya Bitcoin yang anda miliki merupakan milik anda dan dapat disimpan dimanapun yang anda mau : safety box, laptop, handphone ataupun account Indodax.com.

Sama halnya dengan emas, setelah anda membeli di toko maka emas tersebut dapat anda simpan di tempat manapun yang anda suka : safety box, bank, rumah, kantor atau dompet (seperti teman saya yang kemana-mana membawa 10gram emas Antam di dalam dompet – katanya untuk emergency)

Sama halnya dengan emas, keuntungan perdagangan bitcoin dapat dimanfaatkan dengan menggunakan arbitrasi / selisih harga. Untuk perdagangan emas, sekalipun harga emas dunia mempunyai panduan harga, tidak jarang ada perbedaan harga yang sangat mudah kelihatan dari toko emas negara X dan toko emas di negara Y. Entah karena pajak atau karena supply demand yang berbeda di negara tersebut.

Tips Agar Mendapatkan Profit dari Arbitrasi Antar Exchanger


Para pemain / pedagang arbitrasi emas pada umumnya bertransaksi dalam jumlah yang sangat besar mengerjakan pembelian emas dari suatu negara, memasukkannya ke dalam koper dan menjualnya di negara yang berbeda. Selisih sebanyak ratus ribu rupiah untuk setiap gram nya menjadi angka profit yang sangat besar pada saat bertransaksi milyaran rupiah.

Tetapi menggarap arbitrasi emas bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan karena adanya sebanyak keterbatasan: hukum negara tersebut, berat dari emas, biaya perjalanan ke negara tujuan dan pajak.

Nah sekarang bagaimana dengan arbitrasi dari Bitcoin?

Perdagangan bitcoin merupakan salah satu revolusi perdagangan yang luar biasa. Memanfaatkan jaringan internet seseorang dapat mengerjakan pembelian bitcoin ribuan dollar hingga ratusan ribu dollar dari suatu bitcoin exchange di negara manapun hanya dengan duduk diam di depan komputer.

Dengan memanfaatkan teknologi itu sebetulnya saya dan anda bisa mendapatkan deviden | laba jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. Sebelum menerapkan Tips Agar Mendapatkan Profit dari Arbitrasi Antar Exchanger sebaiknya anda memiliki akun dulu khususnya di indodax. Baca: Panduan Cara Mudah Daftar dan Verifikasi Akun Indodax

Cara Arbitrasi

1. Pilih Dua Bitcoin Exchange

Pilih dua exchanger dimana kamu hendak memanfaatkan selisih harga. Saran kami satu dari pasar internasional, satu dari pasar lokal. Sebut saja Indodax.com dan Btc-e.com / Bitstamp.net, kedua exchanger yang anda pilih harus mempunyai 2 kriteria : berdagang di Bitcoin dan Dapat di withdraw dalam fiat money (USD atau Rupiah atau Euro). Pasar lokal mempunyai pesona arbitrasi karena hendak lebih lambat dalam menyesuaikan harga sehingga pergerakannya lebih mudah ditebak dan dimanfaatkan. Untuk contoh di artikel ini saya akan mengunakan Indodax.com dan btc-e.com

2. Deposit Uang

Deposit jumlah duit yang sama besar di Indodax.com dan btc-e.com , contoh 10juta + 1 BTC di Indodax.com dan $1.000 +1 BTC di btc-e. Atau kamu dapat juga hanya deposit di Indodax.com sebab bila kamu melulu punya minat satu arah. Saldo di kedua exchange itu harus sama tidak tidak banyak sehingga dalam menggarap arbitrase anda tidak perlu menunggu lama deposit dan transaksi dapat terjadi instan. Anggap saja fulus yang anda taruh itu merupakan modal arbitrase di exchange tersebut. kita dapat pun membubuhkan modal lebih kecil sesuaikan dengan kemampuan anda.

3. Amati harga

Amati harga bitcoin di kedua exchanger . Untuk contoh ini saya mengambil exchanger btc-e, berikut merupakan harga beli di Indodax.com dan harga jual di btc-e.com, contoh tabel harga yang terjadi ketika tulisan ini dibuat

1. Tabel orang jual bitcoin di Indodax.com
Tips Agar Mendapatkan Profit dari Arbitrasi Antar Exchanger

2. Tabel harga beli di btc-e.
Tips Agar Mendapatkan Profit dari Arbitrasi Antar Exchanger


Kalau kita membandingkan harga beli Indodax.com untuk 2 juta rupiah maka bakal terpapar di harga 6.980.000 dan apabila kita menjualnya secara langsung di btc-e maka akan mendapatkan harga di 7.279.500 ($1 = Rp 11.500) atau dapat dilafalkan mendapatkan profit Rp 300.000 hanya dengan mengerjakan pembelian di Indodax.com 1BTC dan menjualnya langsung ke pasar di luar negri.

Lalu bagaimana bila ternyata harga di Indonesia jadi lebih mahal dibandingkan luar negri ? Maka anda perlu melalukan arbitrase terbalik (beli di luar negri, jual bitcoin di dalam negri)

Faktor yang perlu diwaspadai

1. Trading Fee setiap exchanger
Trading fee Indodax.com termasuk salah satu yang paling rendah (0.3%) sehingga hal ini tidak terlalu menjadi soal tetapi trading fee luar negri terkadang menerapkan trading fee yang tidak tidak sedikit lebih tinggi sehingga perhitungkan urusan itu dalam menggarap arbitase.

2. Withdraw Fee setiap exchanger
Setiap exchanger menerapkan withdraw fee dalam perdagangan bitcoinnya. Hal ini dapat membuat keuntungan arbitrase anda hilang. Usahakan untuk menggarap withdraw seminimal mungkin. Lakukan withdraw sesudah mengerjakan sejumlah kali perdagangan arbitase. Kalau perlu hanya profit yang di withdraw.

Selamat berdagang Bitcoin !